sponsor

Powered by Blogger.

sponsor

Home » » Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sereh Untuk Kesehatan

MANFAAT DAUN SEREH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Daun Sereh  sangat berguna karena menjadi salah satu bahan penting yang dipergunakan dalam  memasak didapur. Daun sereh ini bermanfaat untuk memberi aroma pada makanan dan sebagai bahan penyedap, namun tahukah anda ternyata di balik itu semua.Daun serai mempunyai manfaat baik untuk kesehatan salah satunya serai ini dapat dijadikan sebagai obat herbal tradisional .

Daun Serai dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus kandungan daun serai mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Daun Serai adalah salah satu jenis rempah-rempah yang digolongan jenis rumput-rumputan yang selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat herbal.

 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh Antara Lain:

Kesehatan Untuk Wanita
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual. Dengan banyaknya fungsi Serai ini, diharapkan bisa memperluas penggunaan Serai sebagai herbal, bukan hanya dijadikan sebagai bumbu masakan.

Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf-saraf Otot
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Mengobati Infeksi Pada Kulit
Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.

Mengobati Gangguan Pencernaan Makanan
Daun Serai juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

Menurunkan Tekanan Darah
Daun Serai juga  dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah pada tubuh. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

Detoksifikasi
Daun Serai sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Juga sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernakan tubuh seperti hati, pankreas, ginjal, juga didalam kandung kemih yang bersih dan sehat karena beragam racun akan terhindar.

Analgesik
Daun Serai juga dapat mengobati  semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lain-lain.

Diuretik
DaunSerai juga berkhasit sebagai obat diuretik, pereda kejang dan antirematik. Cara meracik daun serai sangatlah sederhana, pemanfaatan serai adalah dengan cara ambil daun serai secukupnya kemudian di bersihkan lalu merebusnya. untuk membantu mengatasi gejala batuk Ambil daun serai . Sebanyak 5 gram akar serai dicuci, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Lalu minumlah air rebusan daun serai tersebut dua kali sehari masing-masing seper dua gelas pagi dan sore.setiap hari.

Mempercantik Kulit
Daun serai  juga digunakan sebagai bahan kosmetik yang digunakan untuk mempercantik kulit.. Kegunaan daun serai dari bahan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar tubuh.

3 comments:

  1. Manfaat Tersembunyi Daun serai Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasinya bagaus sobat

    ReplyDelete
  3. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bandotan/bandhotan/babadotan/wedusan, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    ReplyDelete

sponsor

Popular Posts