sponsor

Powered by Blogger.

sponsor

Home » » Manfaat Buah Dan Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Dan Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Dan Daun Srikaya Untuk Kesehatan

Srikaya merupakan suatu tanaman buah yang memiliki banyak manfaat dan kegunaannya
Dari bentuk buah dan daunnya, srikaya ini hampir mirip dengan buah sirsak Begitu pun khasiatnya, dan manfaat daun sirsak, berkhasiat sebagai obat tradisional yang hebat, maka daun dan buah srikaya itu pun  hampir semua bagian tanaman srikaya bermanfaat sebagai obat herbal.
Manfaat Daun Srikaya

Daun dan buahnya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema
.
Cara Meraciknya Adalah:

Untuk Borok dan bisul
Cuci daun srikaya yang segar secukupnya, lalu di tumbuk sampai halus.Kemudian tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menutup borok atau bisul terus di balut. dalam sehari, ganti 2--3 kali,lakukanlah secara teratur sampai sembuh.

Untuk tiba-tiba pingsan
Cuci daun srikaya yang segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan tumbukan daun srikaya tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Untuk penderita cacingan
Ambil 15 lembar daun srikaya yang segar, lalu di rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah itu dinginkan, lalu saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas lakukan secara teratur setiap hari sampai sembuh dari cacingan.

Untuk Gangguan pencernaan
Ambil daun srikaya yang segar secukupnya, tumbuk sampai halus, kemudian tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.lakukan secara teratur.

Kudis
Ambil 15 lembar daun srikaya yang segar, lalu ditumbuk sampai halus. ditambah dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh kemudian gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.secara teratur.

Manfaat Biji dan Buah Srikaya

Bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan yang lemah, cacingan, mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan .Berikut ini contoh pemakaiannya:

Cara Meraciknya:

Untuk membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya secukapnya lalu tambahkan air secukupnya, kemudian saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.lakukan secara teratur.

Untuk mematikan kutu kepala
Ambil 10 butir biji srikaya dan 1 genggam daun srikaya yang segar lalu di tumbuk sampai halus.kemudian Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk sampai merata. tutupkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritas.

Untuk mematangkan bisul
Ambil isi buah secukupnya yang sudah dimasak, lalu tumbuk hingga halus kemudian tambahkan sedikit garam sambil diaduk hingga merata, tutupkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.lakukan secara teratur setiap hari.

Manfaat Akar dan Kulit Kayu Srikaya

Akarnya srikaya digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah.:

Diare
Ambil kulit batang srikaya 5-10 gram, kemudian potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa air dua gelas  Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.lakukan secara teratur setiap hari.



1 comments:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bandotan/bandhotan/babadotan/wedusan, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    ReplyDelete

sponsor

Popular Posts